Monday, October 11, 2010

Camera

Sehebat DSLR, Seringan Prosumer 
Pada tahun ini, tren kamera digital single lens reflex (DSLR) mulai bergeser. Sekarang, tren kamera DSLR mulai bergeser menjadi bentuk yang lebih kompak. Sejumlah produsen kamera terkemuka langsung membuat dan memperkenalkan beberapa sistem kamera baru dengan bentuk yang jauh lebih kompak dibandingkan DSLR yang sudah ada lebih dulu. Meskipun bentuknya mengecil, kualitas DSLR tetap dipertahankan.
Salah satu produsen yang memperkenalkan sistem kamera DSLR kompak adalah Samsung dengan tipe NX10. Samsung NX10 ini merupakan kamera DSLR yang menganut sistem NX. Sistem NX ini merupakan sistem kamera DSLR kompak milik Samsung. Melihat penampilan fisiknya, Samsung NX10 ini masih memiliki bentuk yang sangat mirip dengan kamera DSLR pada umumnya. Namun, ukuran fisiknya jauh lebih kecil, bahkan lebih kecil jika dibandingkan dengan kamera DSLR entry level. Bentuknya yang kompak mungkin lebih mirip kamera prosumer. Tonjolan pegangan yang ada terbilang kecil, sehingga bagi yang bertangan besar mungkin akan merasa kurang nyaman menggunakannya. Namun, ternyata saat mencoba menggunakannya, kami masih merasa cukup nyaman menggenggamnya. Dengan bobot sekitar 353 gram, Samsung NX10 ini termasuk kamera DSLR yang ringan, bahkan lebih ringan dibandingkan dengan beberapa kamera prosumer yang ada di pasaran.
Meskipun bentuknya kecil, Samsung NX10 ini memiliki teknologi serta feature yang tidak dapat disepelekan begitu saja. Di dalam bodinya yang kecil, Samsung NX10 ini menggunakan sebuah sensor CMOS berukuran APS-C. Sensor berukuran APS-C umum digunakan pada kamera DSLRentry-level maupun kelas semi-pro. Sensor APS-C yang dimilikinya mampu menghasilkan gambar dengan ukuran maksimal hingga 14 megapiksel.
Samsung NX10 ini membawa tren yang sedang populer saat ini, yaitu kamera DSLR kompak. Oleh karena itu, agar bentuknya kecil, kamera ini tidak dilengkapi dengan cermin pantul/mirror(mirrorless). Untuk mengambil gambar, pengguna bisa menggunakan modus live-view yang sudah sangat umum digunakan pada kamera saku. Modus live-view ini dapat dilihat melalui layar sebesar 3 inci dan berteknologi AMOLED. Layar ini termasuk lega dan cukup nyaman ketika digunakan siang hari di luar ruangan. Sebagai alternatif, pengguna juga bisa menggunakan viewfinder elektronik yang akan otomatis aktif saat pengguna mendekatkan wajahnya ke viewfinder. Layar utama akan menayangkan tampilan yang sama dengan viewfinder elektronik, termasuk saat melakukan reviewpada foto yang sudah diambil.
Samsung NX10 memiliki kinerja yang cepat. Kecepatan fokusnya memang tidak secepat kamera DSLR umumnya, namun ketepatan fokusnya termasuk baik. Jeda setelah mengambil gambar pun tidak terlalu terasa. Kecepatan continous shooting Samsung NX10 ini juga baik. Bahkan terdapat juga fasilitas burst yang dapat mengambil gambar hingga 30 gambar sekaligus selama 1 detik.Feature ini sebenarnya bekerja dengan cara menangkap video selama 1 detik, lalu memecahnya menjadi gambar-gambar diam. Kualitas gambarnya juga cukup baik. Noise pada ISO 1600 masih terbilang rendah, dan mulai agak sedikit mengganggu pada ISO 3200. Namun kualitas gambar pada ISO 3200 juga masih dapat digunakan untuk cetak berukuran sedang.
***
Secara keseluruhan, Samsung NX10 ini adalah sebuah kamera DSLR yang kompak, mudah digunakan, dengan kualitas gambar yang baik. (Steven Irwandi)
Spesifikasi Samsung NX10
Resolusi
14 megapiksel
Resolusi Foto (min/max)
1472 x 976 / 4592 x 3056 piksel
Resolusi Video (min/max)
320 x 240 @ 30 fps / 1280x720 @ 30 fps
Media Perekam
SD/SDHC
Format File
RAW, JPEG, H264 (Video
Ekivalen ISO
ISO 100, 200, 400, 800, 1600, 3200
Kecepatan shutter (detik)
30 - 1/4000, bulb
Viewfinder
Ada (elektronik/EVF)
Diagonal LCD
3 inci
Koneksi komputer
USB
Tipe baterai/isi ulang
Samsung BP1310 / Ya
Baterai charger
Ada
Dimensi (plt)
12,3 x 8,7 x 4 cm
Bobot (gram)
353 (tanpa lensa)
Garansi
1 tahun
Situs Web
Harga kisaran*





Layar 
Samsung NX10 berukuran 3 inci dengan teknologi AMOLED






Desain
 Samsung NX10 ini tidak menggunakan mirror lagi.






Tombol-tombol
 yang ada pada bodi Samsung NX10




Plus
     : Ukuran kompak, ringan, ada live-view, video HD, ISO 3200, kualitas foto baik, fasilitas burst30 fps.
Minus : Grip kurang nyaman, noise di ISO 3200 agak mengganggu, kelengkapan/aksesoris masih belum tersedia luas.

No comments:

Post a Comment